4 Fakta Menarik Tentang Madu Yang Harus Diketahui

Memang benar jika ada yang mengatakan bahwa segala sesuatu yang tersedia di alam pasti ada manfaatnya. Salah satunya ya madu. Siapa yang tidak tahu dengan madu yang rasanya manis ini. Madu memiliki warna kuning keemasan yang kental dan bening, sehingga siapa saja yang melihat pasti akan langsung ini mencicipi manisnya. Bukan Cuma itu, manfaat madu bagi kesehatan juga sangat banyak, misalnya saja sebagai suplemen otak alami, meningkatkan nafsu makan, baik untuk pencernaan, sebagai anti oksidan, anti bakteri, dan antiseptik alami, serta masih ada jutaan manfaat madu lainnya berguna bagi tubuh kita ini.

Madu ini memang sangat istimewa ya! Bukan Cuma rasa yang juara, tapi juga ada beberapa fakta menarik tentang madu yang bisa buat kita tercengang. Apa saja?

  1. Madu adalah salah satu sumber makanan yang bisa mempertahankan kehidupan manusia meski tidak ada bahan makanan lainnya

Bayangkan hal ini! Madu mengandung setiap vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan untuk mempertahankan kehidupan manusia, termasuk vitamin B6, thiamin, niacin, riboflavin, asam pantotenat, asam amino tertentu dan mineral kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium dan seng bersama dengan sekitar 18% air. Secara logika, tentunya kita harus makan makanan yang tepat dan sehat seperti nasi dengan lauk pauknya. Tapi seandainya pun tidak ada sumber makanan lain, madu sudah lebih dari cukup untuk bisa buat kita bertahan hidup. Ajaib kan?

  1. Dapat menyembuhkan banyak penyakit

Madu telah digunakan di daerah tropis selama berabad-abad untuk mengobati luka, dan bahkan digunakan sebagai antiseptik sejak zaman dahulu kala. Sebastian A.J. Zaat, Ph.D., seorang peneliti yang terlibat dalam pekerjaan dari Departemen Mikrobiologi Medis di Pusat Medis Akademik di Amsterdam mengatakan “Madu atau komponen yang berasal dari madu yang terisolasi mungkin sangat berharga untuk pencegahan dan pengobatan infeksi yang disebabkan oleh antibiotik- bakteri resisten. ”

  1. Tidak akan pernah basi atau kadaluarsa

Fakta menarik lainnya tentang madu adalah, tidak akan pernah basi. Jadi misalnya anda memiliki satu botol madu murni di tahun 2018 ini. lalu satu tahun kemudian ketika kita mau membuka madu tersebut, maka madu itu akan tetap segar dan rasanya tetap enak. Wah, keren kan? Para arkeolog bahkan telah menemukan madu yang dapat dimakan di makam mesir yang berusia 2.000 tahun. Bagaimana ini mungkin terjadi? Konsentrasi gula yang tinggi, keasaman, dan beberapa lebah menambahkan enzim pembunuh bakteri yang bersentuhan dengannya. Madu ini akan tetap segar selama cara penyimpanannya benarm yaitu disimpan di botol atau wadah yang sangat tertutup. Lalu, jika madu tersebut ternyata membeku, panaskan saja sebelum di konsumsi dan madu tetap aman dimakan.

  1. Madu Kaya Antioksidan

Madu adalah sumber antioksidan yang sering dilupakan, padahal antioksidan madu bias membasmi sumber penyakit yang dahsyat. Sifat antioksidan madu akan menghancurkan agen kimia yang merusak secara biologis yang berkontribusi terhadap penyakit seperti kanker. So, cobalah untuk memberikan beberapa tetes madu terbaik ke dalam secangkir kopi atau susu sebagai pengganti gula. Selain itu, banyak obat kimia yang juga mengandung madu supaya bisa bekerja dengan baik. Penelitian juga menemukan bahwa madu dengan warna yang lebih gelap cenderung mengandung lebih banyak antioksidan daripada madu warna yang lebih terang.

Menurut pada 4 fakta menarik tentang madu, maka kalau Anda adalah seorang orang tua yang memiliki anak yang sedang ada dalam masa pertumbuhan, jadikanlah madu sebagai sebuah menu waib yang harus diberikan setiap hari. Ini penting karena manfaat madu itu sangat baik untuk anak – anak. Jangan lupa untuk pilih madu asli untuk anak, seperti Madu Provitamon yang juga mengandung minyak ikan salmon, kunyit, dan daun pegagan yang bisa membantu untuk mencerdaskan otak anak, meningkatkan daya tahan tubuh, serta meningkatkan nafsu makan anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *